20 Januari 2011

Pentingnya Kebersamaan


Alangkah sepinya bila kita hidup sendiri. Hidup berdampingan dengan orang lain adalah suatu kebutuhan. Akan tetapi banyak diantara kita yang mempunyai kecenderungan egois dan hanya ingin menyenangkan diri sendiri, maka kadang kebersamaan itu seolah-olah tidak dibutuhkan lagi.



Begitu banyak orang bicara tentang persatuan, kebersamaan dan saling tolong-menolong. Mulai dari anak-anak sampai dewasa pun tahu menjabarkan apa itu pentingnya kebersamaan. Akan tetapi manusia masih banyak yang cenderung tidak menyukainya. Barangkali kebersamaan memang sesuatu yang sangat amat berharga, tetapi sekaligus amat rentan terhadap ancaman dan bahaya kehancuran.
Kebersamaan itu bukan seperti alroji yang tetap bisa hidup dan tak akan pernah mati, yang sekali saja digerakkan lalu bergerak terus selama-lamanya. Tidak, kebersamaan itu harus selalu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan setiap saat, sehingga memperoleh perekat yang tepat untuk mengikatnya.
Betapa rentannya hubungan saudara hanya karena warisan, keluarga yang hancur hanya karena tidak bisa mempertahankan kebersamaan, negara yang kacau hanya karena saling membenarkan ideologi dan kepercayaan masing-2 individu.
Kebersamaan itu membutuhkan pengayoman, bukan laras senapan yang diarahkan pada orang atau kelompok tertentu, itu namanya pemaksaan. Dalam ancaman dan ketakutan orang memang bisa tampak bersatu, tetapi itu semua persatuan yang semu karena tidak berani melawan. Yang namanya kebersamaan harus selalu mempunyai rasa aman, merobohkan tembok egoisme, separatis, dan pembenaran diri. Hakekat kebersamaan adalah keberanian orang dalam menerima keperbedaan, apapun namanya perbedaan itu. 
Kebersamaan adalah inisiatif, tindakan….bukannya slogan, bukan pula sekedar gembar-gembor.
Ahhh… sebentar lagi Tahun Baru tiba, suklus tahunan inilah yang biasanya bisa menggerakkan jutaan umat manusia Indonesia untuk kembali ke asal mereka masing-masing hanya sekedar untuk memulai kebersamaan, merekatkan tali silaturrahmi yang hampir putus.

Translate to : by

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...